Sunday, July 15, 2007

Berkeliling di kota serambi mekkah






Kota serambi mekkah adalah sebutan untuk kota banda Aceh. Kota Banda Aceh sempat terpuruk ketika terjadi peristiwa tsunami pada tanggal 29 desember tahun 2004. Banyak orang yang kehilangan nyawa dan tempat tinggalnya ketika terjadi tsunami. Namun kini kita lihat kota Banda aceh mulai berbenah dengan membangun kembali kotanya.
Perjalanan ku yang pertama adalah mengunjungi Mesjid yang terkenal disana yaitu mesjid Baiturrahman, aq menyempat kan shalat disana. Mesjid ini terlihat masih kokoh walaupun sempat terendam oleh air akibat tsunami.
Lalu, aq pergi mengunjungi sebuah kapal yang merupakan PLTD APUNG (pembangkit listrik tenaga diesel). Kapal ini terbawa dari pelabuhan pada saat terjadi peristiwa tsunami sehingga terdampar di darat sekitar 3 km dari pelabuhan uleu lee. kapal ini begitu besar, sungguh hanya dengan kuasa tuhan kapal ini dapat mendarat disini ,pikirku. Mesin untuk pembangkit listrik yang terdapat pada kapal ini masih dapat dijalankan tetapi karena tidak adanya air yang berfungsi sebagai penahan panas dan getaran pada saat mesin ini dijalankan maka mesin ini itu tidak dapat dioperasikan lagi. sedangkan kondisi kapal ini masih sangat kokoh dan menurut pemberitahuannya maka kapal ini akan di jadikan salah satu monumen.
Perjalanan berikutnya dilanjutkan ke tempat penyulingan air laut sehingga dapat dikonsumsi. tempat penyulingan ini dibuat oleh Bulan Sabi Merah Kuwait.
Oya... ke Kota Banda Aceh tidak lengkap jika tidak berkunjung ke warung kopi. karena banda aceh dikenal juga dengan kota seribu warung kopi, di setiap penjuru kota ada warung kopi. Dan rasa kopi Aceh emang tidak ada yang dapat mengalahkannya.....hmmmmm..sedap.

No comments: